Total Tayangan Laman

Sabtu, 23 April 2011

PENATARAN METODOLOGI IQRO' DAN MANAJEMEN TKA-TPA

Gerakan Dakwah Al-Qur'an yang dikembangkan oleh Team Tadarus Angkatan Muda Masjid & Musholla Yogyakarta ("AMM") yang pada Musyawarah Nasional LPTQ Nasional di Yogyakarta tahun 1991, ditetapkan sebagai Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al-Qur'an LPTQ Nasional (SK No. 1 Tahun 1991), dikembangkan ke seluruh pelosok tanah air antara lain melalui "PENATARAN".

Penataran yang dimaksud adalah "Penataran Metodologi IQRO' dan Manajemen TKA-TPA". Acara ini dimaksudkan untuk menjelaskan kepada para Guru Ngaji, Calon Pengelola TKA-TPA, para pemerhati dan penggerak Gerakan Dakwah Al-Qur'an, bagaimana mengajarkan Al-Qur'an secara cepat dan mudah, bagaimana mengajarkan IQRO' secara benar, bagaimana cara mendirikan dan mengelola TKA-TPA, dan juga kiat-kiat agar Gerakan Dakwah Al-Qur'an bisa berjalan dengan baik di semua lapisan masyarakat, sejak dari Balita sampai Manula.

Berkembang pesatnya Metode IQRO' dan TKA-TPA ini, anatar lain karena setiap Pelaksanaan Penataran di suatu Daerah, disyaratkan harus mengundang Guru-guru Ngaji, Guru Agama, Tokoh-tokoh Masyarakat, Pengurus Lembaga Dakwah setempat dan lain-lain yang lingkupnya paling tidak satu desa, satu kecamatan atau syukur satu Kabupaten.
Penataran seperti ini biasanya diselenggarakan pada hari-hari libur, biasanya antara 5 sampai 7 tempat. Peserta masing-masing tempat biasanya antara 75 - 200 orang. Bahkan di sebuah Pesantren di Kediri pernah mencapai 3000 orang.

Langkah tersebut ternyata sangat efektif dalam proses sosialisasi Metode Iqro' secara cepat. Disamping itu didukung juga dengan banyaknya kunjungan tamu dari seluruh penjuru Tanah Air ke Sekretariat "AMM", hampir tiap hari, terutama hari Sabtu dan Ahad, terkadang sampai 4 atau 5 rombongan perharinya, per rombongan antara 10 - 100 orang, bahkan sering mencapai 3-5 bus. Hal ini berlangsung sejak tahun 1990 sampai tahun 2005. Oleh karena sesuatu hal, antara lain karena kurang gencarnya sosialisasi ajakan untuk mengadakan penataran, maka antara 2006 sampai sekarang Penataran tersebut dan kunjungan tamu sudah mulai berkurang.

Bagi para pemerhati dan aktivis Gerakan Dakwah Al-Qur'an yang sekarang ini merasa perlu untuk membangkitkan lagi semangat dakwah para guru ngaji, Ustadz TKA-TPA atau ingin merekrut Pemuda/Remaja Masjid agar mereka mempunyai semangat untuk aktif dalam dakwah al-Qur'an, Lembaga Dakwah LDPQ atau Timnas Peningkatan Mutu TKA-TPA Indonesia, selalu siap diundang sebagai Pemateri Penataran, yang meliputi :

1. PENATARAN TINGKAT DASAR
a. Problematika Gerakan Dakwah Al-Qur'an
b. Manajemen TKA-TPA
c. Metodologi IQRO'

2. PENATARAN TINGKAT MAHIR SATU
a. Ilmu Tajwid Dan Irama Murottal
b. Metodologi BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi
c. Program Pendidikan Pasca TKA-TPA (TQA)

3. PENATARAN TINGKAT MAHIR DUA
a. Problem Solving Pengajaran Iqro'
b. Problem Solving Pengelolaan TKA-TPA-TQA
c. Metodologi Iqro' Klasikal
d. Prinsip dasar pendidikan Islam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar