Total Tayangan Halaman

Sabtu, 23 April 2011

TKA - TPA - TQA

A. Pengertian TKA (Taman Kanak-kanak Al-Qur’an)
    dan TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an)

TKA-TPA adalah lembaga pendidikan non formal tingkat dasar yang bertujuan memberikan bekal dasar kepada anak-anak usia 4-6 tahun ( TKA) dan usia 7–12 tahun (TPA ) agar menjadi generasi Qur’ani, generasi yang sholih-sholihah, yang mampu dan gemar membaca, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

B. Pengertian TQA (Ta’limul Qur’an Lil Aulad)

TQA adalah lemnbaga pendidikan non formal sebagai kelanjutan dari TKA/TPA, yang bertujuan memberikan tambahan bekal bagi santri lulusan TKA/TPA atau anak-anak usia 7-14 tahun lainnya yang telah mampu membaca Al-Qur’an, sehingga lancar dan gemar membaca Al-Qur'an, memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari serta mempunyai keterampilan khusus berupa hafal Juz ‘Amma dan memahami terjemahnya.

Dalam hal ini, TQA dibedakan menjadi 3 jenjang, yaitu :
-TQA Ula (dasar),
-TQA Wustho (menengah),
-TQA ‘Ulya (atas).

C. Tujuan

TKA-TPA-TQA, bertujuan menyiapkan terbentuknya generasi Qur’ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen terhadap Al-Qur’an. Al-Qur’an dijadikannya sebagai sumber perilaku, pijakan hidup dan tempat kembali segala urusan hidupnya. Hal ini ditandai dengan kecintaan yang mendalam terhadap al-Qur’an, mampu dan rajin membacanya, terus menerus mempelajari isi kandungannya, memiliki kemampuan dan kemauan yang kuat untuk mengamalkannya secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari.

sumber: H.M. Budiyanto,dkk. 2006. Panduan praktis pengelolaan TKA-TPA-TQA D.I. Yogyakarta, Kurikulum 2006. LDPQ Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar